Marquez Juara, Pedrosa Jatuhkan 2 Ducati



Sebarkan :


Views: 68

Jerez - Marc Marquez merebut puncak klasemen MotoGP dengan menjuarai Grand Prix Spanyol nyaris tanpa perlawanan, setelah dua pembalap Ducati di belakangnya jatuh akibat tabrakan yang dipicu oleh sesama penunggang Repsol Honda, Dani Pedrosa, Minggu (6/5).

Insiden yang cukup dramatis ini terjadi hanya tujuh putaran menjelang finis, bermula ketika Andrea Dovizioso mencoba menyalip rekan setimnya Jorge Lorenzo di posisi kedua.

Manuver Dovi dari sisi dalam berhasil, namun di tikungan berikutnya dia melebar sehingga Lorenzo mendapat ruang di sisi kanannya untuk balas menyalip. Tak dinyana, Pedrosa yang juga mencium peluang menusuk dari belakang tanpa dilihat Lorenzo, sehingga mereka berdua tabrakan.

Motor Pedrosa langsung rubuh dan dia terpelanting tinggi. Lorenzo masih mencoba bertahan namun motornya tidak stabil dan dia bergerak liar ke pinggir kiri. Saat itulah Dovi, yang sebetulnya di jarak aman ketika tabrakan pertama terjadi, tak mampu menghindar dan dua motor Ducati bersama penunggangnya langsung terjatuh.

Untuk menyebut ini kesalahan Pedrosa masih terlalu dini. Pada tayangan ulang terlihat Lorenzo sangat mepet ke arah kanan sehingga Pedrosa tak punya ruang menghindar. Pasca-tabrakan pertama, Lorenzo yang kehilangan kendali bergerak ke kiri yang memicu tabrakan kedua.

Selain itu, Dovi yang sejak putaran ke-10 sudah berada di posisi ketiga, berkali-kali mencoba menyalip rekannya itu dengan putus asa meskipun terlihat motornya lebih kencang. Kondisi tersebut membuat Marquez yang memimpin sejak putaran ke-8 nyaris bebas dari gangguan dan bahkan bisa melebarkan jarak hingga dua detik dari pasangan Ducati.

Sebelum balapan di Jerez, Dovi adalah pemimpin klasemen dengan keunggulan empat poin, namun sekarang dia terlempar dari lima besar.

Pembalap Tech 3 Yamaha Johann Zarco diuntungkan oleh insiden di depannya untuk merebut posisi kedua, demikian juga pembalap Suzuki Ecstar Andrea Iannone yang bisa menempati podium ketiga.

Danilo Petrucci finis keempat untuk Pramac Ducati. Dua pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales tidak mampu bersaing di rombongan terdepan di Sirkuit Jerez ini, dan menuntaskan balapan di posisi kelima dan ketujuh.

Mereka dipisahkan oleh pembalap Pramac Jack Miller.

Alvaro Bautista (Ange Nieto Team), Marco Morbidelli (Marc VDS), dan Mika Kallio (KTM Red Bull) berturut-turut finis di posisi delapan, sembilan, dan sepuluh.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags: