​Peringati Hari Pancasila, Pemkab Gunungkidul Adakan Upacara Bendera



Sebarkan :


Views: 29

Gunungkidul- Memperingati Hari Kelahiran Pancasila, Pemkab Gunungkidul mengadakan upacara bendera pada Jumat (1/6/2018).

Bertempat di Alun-alun Wonosari, upacara yang dihadiri ratusan peserta berlangsung khidmat. Tak ketinggalan jajaran pejabat pemerintahan Gunungkidul dan Ketua DPRD Suharno hadir dalam acara. Sedangkan yang bertindak sebagai inspektur acara yakni dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi.

Dalam sambutannya, Immawan membacakan amanah Presiden Joko Widodo yang disampaikan kepada peserta upacara. Bahwa sejak 1 Juni 1945, Pancasila masih digunakan sebagai jiwa masyarakat Indonesia. Sehingga diharapkan Pancasila akan tetap sebagai landasan bagi bangsa Indonesia.

Selain itu, juga bisa menjadi pemersatu sehingga terhindar dari perpecahan dan pertikaian karena lima sila yang terdapat dalam Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, hari kelahiran Pancasila dimaknai sebagai alat pemersatu bangsa yang mempunyai bermacam-macam suku serta ras.

"Di Gunungkidul sendiri, kesatuan dan persatuan serta kekompakan sudah terwujud karena komunikasi antara pemerintah dan rakyat terjalin dengan baik. Koordinasi dan komunikasi adalah kunci untuk menjaga kekompakan warga beserta pemerintah daerah, karena dengan komunikasi dan koordinasi dapat menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat," ujarnya.

Ia menilai saat ini semangat kekompakan di Gunungkidul masih terjaga dengan baik. Ia berharap rasa kebersamaan masyarakat, tanpa membeda-bedakan tersebut terus terjaga dengan baik.

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno mengatakan bahwa momen peringatan hari lahir Pancasila ini tidak terlepas dari sejarah dimasa lampau. Perjuangan pendiri bangsa Soekarno, yang turut merumuskan Pancasila harus selalu diingat.

“Masyarakat berdaulat berdikari dan berkribadian dalam kebudayaan termasuk menjaga persatuan dan kesatuan untuk mencapai masyarakat adil dan makmur. Gunungkidul sejahtera dengan dasar pancasila,” ujar Suharno.

Suharno mengatakan agar Pancasila terus diajarkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam bermasyarakat, untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Tags: